Nama
:Riyan Hardiyanto
NPM :26212502
Kelas :2EB03
Mata
Kuliah :Bahasa Indonesia Softskill
Tujuan
pembelajaran mata kuliah Bahasa Indonesia yang dipelajari oleh mahasiswa di
bangku perkuliahan yaitu bertujuan untuk mengasah kemampuan berbahasa dengan
baik terutama untuk menulis atau menghasilkan suatu karya ilmiah ataupun non
ilmiah, memerlukan beberapa tahapan-tahapan serta prosedur yang harus di
pelajari terlebih dahulu agar menciptakan suatu rangkaian bahasa yang baik dan
benar serta setiap mahasiswa diwajibkan untuk mengenal dan memahami hal-hal apa
saja yang diperlukan dalam proses penulisan.
Di dalam proses penulisan terdiri dari memahami fungsi
dan kedudukan bahasa Indonesia, ragam bahasa, ejaan, diksi, kalimat efektif,
alinea dan pengembangannya, perencanaan karangan ilmiah, kerangkan karangan,
kutipan serta daftar pustaka. Bagian-bagian tersebut ialah rangkaian penting
yang saling berkaitan dalam berbahasa Indonesia serta dalam proses penulisan.
Dimulai dari tahapan yang paling awal, terlebih dahulu
sebelum kita memperlajari bahasa Indonesia lebih dalam kita harus mengetahui
dan memahami fungsi dan kedudukan bahasa.
Dalam tahap ini mahasiswa diwajibkan untuk mengetahui tentang tujuan
kedudukan bahasa guna mengetahui arah dan tujuan penggunaan bahasa untuk
menghindari penyalahgunaan dari bahasa itu sendiri dan mengetahui seberapa
besar peranan bahasa untuk berkomunikasi dalam kehidupan sehari-hari.
Kemudian dilangkah selanjutnya adalah ragam bahasa, dalam sebuah penulisan
diperlukan adanya ragam bahasa atau bisa disebut variasi bahasa / dialek untuk
menarik perhatian dari pembacanya. Selanjutnya ialah dengan mempelajari ejaan
terutama EYD ( Ejaan Yang Disempurnakan ) hal ini merupakan hal penting yang
tidak kalah penting untuk diperhatikan karena dalam penulisan terutama untuk
penulisan yang bersifat resmi dan formal kita harus memperhatikan EYD, EYD itu
sendiri mencakup penulisan dan penepatan kata depan, pemakaian huruf, penulisan
partikel serta tanda baca.
Tahap berikutnya adalah dengan mempelajari diksi dan kalimat efektif, dalam tahap
ini mahasiswa mempelajari bagaimana memilih kata yang tepat dan sesuai untuk
digunakan karena diksi sendiri ialah memiliki pengertian pemilihan kata yang
tepat dan sesuai. Dalam diksi penulis dituntut untuk memelih sebuah kata untuk
dapat menimbulkan gagasan yang sama pada pemikiran dan imajinasi pembaca. Dalam
hal ini diperhatikan juga dalam hal menggunkan lafal intonasi serta tekanan
dalam pemilihan kata.
Kalimat efektif,
kalimat efektif ini memilik cirri yaitu sebuah kalimat yang memiliki kata-kata
yang tidak di ulang-ulang serta kalimatnya memiliki kata yang efektif yang
bermaksud agar tidak ada kata atau kalimat yang sia-sia.
Kemudian dilangkah berikutnya mahasiswa mempelajari tentang
alinea dan pengembangannya. Dalam
membuat alinea ini penulis harus mengembangkan topik-topik yang dibahasnya
dalam tulisannya tersebut, yang dikembangkannya seperti pola dan bentuk alinea
yang kemudian ditulis menjadi sebuah tulisan. Setelah mempelajari alines dan
pengembanganya, mahasiswa mempelajari tentang
perencanaan karangan, dalam
hal ini mahasiswa harus mempersiapkan untuk penulisannya dimulai dari bahan
materi yang akan ditulis, judul, tema dan sebagainya. Lalu mahasiswa membuat
sebuah kerangka karangan sebagai acuan struktur untuk penulisannya.
Tahap selanjutnya yang merupakan tahap terakhir dari
penulisan adalah bagaimana mahasiswa memahami kutipan dan mempelajari daftar
pustaka. Dalam aturan sebuah penulisan, penulis diharuskan untuk menuliskan
kembali sebuah kutipan yang dijadikannya sebagai sumber dari penulisannya
kedalam sebuah paragraph atau alinea yang berkaitan dengan tema dari penulisan
yang dibuatnya.
Daftar pustaka juga
merupakan suatu unsur yang penting dalam sebuah penulisan, agar tulisan yang
dibuat oleh sang penulis dipercaya dan dibuat dari sumber-sumber yang
terpercaya penulis harus juga mengikut sertakan sumber-sumber penulisannya itu di akhir halaman dengan
memuat sumber-sumbernya yang dijadikan acuan dalam penulisannya.
Dari tahapan penulisan diatas dapat disimpulkan bahwa
semua materi yang telah dipelajari dalam mata kuliah Bahasa Indonesia merupakan
sebuah rangkaian atau proses dalam pembuatan penulisan guna mencapai dan
menciptakan sebuah tulisan yang baik bagi mahasiswa. Semua unsur-unsur diatas
merupakan sebuah proses yang saling keterkaitan agar bisa diciptakannya sebuah
tulisan yang baik dan benar.
0 komentar:
Posting Komentar