Jumat, 08 Maret 2013

Proud Of Indonesia


Indonesia?mendengar sebuah kata tersebut sejuta bayangan terbersit di benak akan kondisi sebuah negara tersebut dari banjir,tingkat pengangguran yang cukup crucial dan banyak hal lainnya yang ada di negara Indonesia kita ini.Letak geografis Indonesia sendiri berada di antara 6ºLU- 11ºLS dan antara 95º BT- 141ºBT.
Berdasarkan letak tersebut, Indonesia memiliki iklim tropis. Dengan posisi wilayah Indonesia berada di antara garis lintang dan garis bujur, maka wilayah Indonesia dilewati oleh garis khatulistiwa. Garis khatulistiwa adalah garis khayal keliling bumi, terletak melintang pada nol derajat yang membagi bumi menjadi dua belahan yang sama, yaitu Belahan Bumi Utara dan Belahan Bumi Selatan. Beberapa tempat atau wilayah Indonesia yang dilewati oleh garis khatulistiwa antara lain Bonjol (Sumatra Barat), Pontianak (Kalimantan Barat), Tambu (Sulawesi Tengah), dan Halmahera (Maluku).
   Indonesia pun tidak melulu mempunyai hal buruk,banyak hal yang Indonesia punya dari keindahan alam,kebudayaan yang beraneka ragam dan transportasi yang menarik untuk kita ketahui dan coba untuk mengunjungi serta mencobanya.Dan disini saya akan mencoba untuk menulis beberapa pariwisata,kebudayaan serta transportasi yang ada di Indonesia, karna sebagai anak bangsa kita harus mengetahui warisan yang kita punya.
  Indonesia tidaklah miskin dunia pariwista, di Indonesia terdapat banyak tempat-tempat yang menarik untuk dikunjungi dan indah tentunya yang mungkin tidak kalah dengan pariwisata di negeri lain.Yang paling banyak dikunjungi oleh para wisatawan lokal maupun internasional yaitu BALI yap,siapa yang tidak mengenal Bali suatu pulau di negara Indonesia yang memiliki berjuta pemandangan yang indah,hamparan pasir pantai putih di tepi laut bali,pemandangan sunset dan sunrise yang memukau, serta kultur budaya yang kental dengan ke agamaan yang indah dan menarik tak heran jika bali menjadi daya tarik bagi parawisatawan.
Tempat yang patut di kunjungi di pulau dewata ini paling dan banyak di kunjungi diantaranya adalah


  • GWK ( Garuda Wisnu Kencana ) yang disimbolkan dengan patung dewa Wisnu ini seperti pagelaran seni yang sering menampilkan pertunjukan seni seperti tarian barong,balinese dance dan kesenian khas bali yang menarik untuk dikunjungi.
  • Seminyak ,kawasan ini cocok bagi anda yang ingin memiliki suasana yang nyaman dan damai karna disini anda bisa mendapati private villa untuk beristrahat dengan fasilitas mewah dan nyaman disini.
  • Pantai Kuta, siapa yang tidak mengenal pantai indah dibali ini,pantai yang terdapat hamparan pasir yang indah serta sunset yang indah dikala sore hari tiba.Banyak parawisatawan yang menghabiskan waktu sore mereka disini untuk menikmati suasana sunset yang indah .
  • Bedugul, suatu kawasan dibali tepatnya di Kecamatan Baturiti Kabupaten Tabanan Bali ini menawarkan pemandangan daerah pegunungan dan danau ,kawasan ini berada pada dataran tinggi dan memiliki cuaca yang dingin dan berkabut.Hmmm..suatu tempat yang cocok untuk berdiam dan menenangkan diri
  • Tanah Lot ,tebing yang bersandar di pinggiran laut dan bongkahan batu besar ini merupakan sebuah pura yang digunakan untuk pemujaan dewa laut dan pemandangan pura ini akan berubah indah ketika air laut mulai pasang.
Masih banyak tempat-tempat pariwisata di Indonesia yang patut untuk dikunjungi seperti jogja,lombok,belitung dan banyak lagi.Diatas hanyalah beberapa spot yang saya tulis dan berikan penjelasan terhadap para pembaca.Dan kali ini saya akan mengulas tentang kebudayaan yang Indonesia miliki.

Kebudayaan, berbicara kebudayaan Indonesia memiliki beragam kebudayaan yang berjuta banyak nya dan beraneka ragam disetiap daerahnya.

  1. Bali
  • Upacara Mengotek ,ialah upacara dimana masyarakat Hindu Bali memohon akan keselamatan.
  • Ngaben, siapa yang tidak mengenal ngaben suatu upacara pembakaran mayat di Bali ini adalah upacara yang penting di bali.
  • Ngurek, yaitu suatu upacara ekstrim masyarakat bali dimana dilakukan dengan menusukan kris keanggota badan mereka ketika raga mereka dirasuki roh-roh.Bertujuan untuk mengungkapkan rasa bakti kepada yang Maha Esa.
  • Ogoh-Ogoh, yaitu suatu kegiatan masyarakat bali yang dilakukan ketika menyambut hari raya nyepi.
  • Upacara Bhuta Yadnya, yaitu sebuah upacara kepada Bhuta Yadnya agar tidak mengganggu kehidupan manusia.
   2.  Jawa Tengah
  • Upacara Kenduren, yaitu kegiatan doa bersama yang dipimpin ketua adat yang disertai potong tumpeng beserta lauk pauk yang nantinya dibagikan kepada hadirin dan tetangga setempat.Tujuan dari upacara ini adalah meminta keselamatan kepada orang yang didoakannya.
  • Kenduren Wetonan. yaitu suatu upacara yang betujuan untuk meminta keselematan pada hari kelahiran.
  • Keduren Sabanan, yaitu upacara yang bertujuan untuk menaik para leluhur yang dilakukan setiap bulan sya'ban.
  • Keduren Ujar, yaitu sebuah upacara yang dilaksanakan untuk orang yang mempunyai janji ketika berhasil atau telah melaksanakan sesuatu bisa disebut nazar.
  • Sekaten, yaitu upacara yang dilaksanakan oleh kerajaan selama tujuh hari 


 3.  Minangkabau

  1.BATAGAK PANGHULU
Batagak panghulu adalah upacara pengangkatan panghulu. Sebelum upacara peresmiannya, syarat-syarat berikut harus dipenuhi:

1. Baniah, yaitu menentukan calon penghulu baru.
2. Dituah cilakoi, yaitu diperbincangkan baik buruknya calon dalam sebuah rapat.
3. Panyarahan baniah, yaitu penyerahan calon penghulu baru.
4. Manakok ari, yaitu perencanaan kapan acara peresmiannya akan dilangsungkan.

Peresmian pengangkatan panghulu dilaksanakan dengan upacara adat. Upacara ini disebut malewakan gala. Hari pertama adalah batagak gadang, yakni upacara peresmian di rumah gadang yang dihadiri urang nan ampek jinih dan pemuka masyarakat. Panghulu baru menyampaikan pidato. Lalu panghulu tertua memasangkan deta dan menyisipkan sebilah keris tanda serah terima jabatan. Akhirnya panghulu baru diambil sumpahnya, dan ditutup dengan doa. Hari kedua adalah hari perjamuan. Hari berikutnya panghulu baru diarak ke rumah bakonya diringi bunyi-bunyian.

2.UPACARA PERKAWINAN (Baralek)
1. Pinang-Maminang
Acara ini diprakarsai pihak perempuan. Bila calon suami untuk si gadis sudah ditemukan, dimulailah perundingan para kerabat untuk membicarakan calon itu. Pinangan dilakukan oleh utusan yang dipimpin mamak si gadis. Jika pinangan diterima, perkawinan bisa dilangsungkan.

2. Batimbang Tando
Batimbang tando adalah upacara pertunangan. Saat itu dilakukan pertukaran tanda bahwa mereka telah berjanji menjodohkan anak kamanakan mereka. Setelah pertunangan barulah dimulai perundingan pernikahan.

3. Malam Bainai
Bainai adalah memerahkan kuku pengantin dengan daun pacar/inai yang telah dilumatkan. Yang diinai adalah keduapuluh kuku jari. Acara ini dilaksanakan di rumah anak daro (pengantin wanita) beberapa hari sebelum hari pernikahan. Acara ini semata-mata dihadiri perempuan dari kedua belah pihak.

4. Pernikahan
Pernikahan dilakukan pada hari yang dianggap paling baik, biasanya Kamis malam atau Jumat. Acara pernikahan diadakan di rumah anak daro atau di masjid.

5. Basandiang dan Perjamuan
Basandiang adalah duduknya kedua pengantin di pelaminan untuk disaksikan tamu-tamu yang hadir pada pesta perjamuan. Kedua pengantin memakai pakaian adat Minangkabau. Acara biasanya dipusatkan di rumah anak daro, jadi segala keperluan dan persiapan dilakukan oleh pihak perempuan.

6. Manjalang
Manjalang merupakan acara berkunjung. Acara ini dilaksanakan di rumah marapulai (pengantin laki-laki). Para kerabat menanti anak daro yang datang manjalang. Kedua pengantin diiringi kerabat anak daro dan perempuan yang menjujung jamba, yaitu semacam dulang berisi nasi, lauk pauk, dsb.

3.UPACARA SUNAT RASUL
Sunat Rasul juga merupakan syariat Islam, tanda pendewasaan bagi seorang anak. Upacara biasanya diselenggarakan waktu si anak berumur 8 – 12 tahun, bertempat di rumah ibu si anak atau rumah keluarga terdekat ibu si anak. Acara dimulai dengan pembukaan, lalu si anak disunat, selanjutnya doa.

4.UPACARA TURUN MANDI
Upacara turun mandi dimaksudkan untuk menghormati keturunan yang baru lahir dan berbagi kebahagiaan dengan masyarakat bahwa di kaum tersebut telah lahir keturunan baru. Upacara ini dilaksanakan di rumah orang tua si anak saat anak tersebut berumur tiga bulan. Di sini, si anak dimandikan oleh bakonya. Selain itu juga ada perjamuan.

sumber: http://www.minangforum.com/Thread-Upacara-Adat-Minangkabau


   Ya, itulah beberapa kebudayaan daerah diindonesia yang memiliki keragaman dan tujuan positif.Kebuddayaan yang masih dijaga dan dilakukan untuk melestarikan dan beribadat oleh masyarakat daerah di Indonesia.Dan kita harus tetap menjaga dan melestarikan nya sebagai suatu aset dan warisan dari nenek moyang kita.
  Berbicara Indonesia tidak lengkap rasanya jika tidak mengulik tentang sistem perekonomian di Indonesia ini,yang sempat mengalami krisis moneter beberpa puluh tahun silam.

   Perekonomian Indonesia,
Indonesia menganut sistem ekonomi Demokrasi, maksudnya sistem ekonomi yang benar-benar berorientasi kepada kekuatan dan sekaligus kepentingan rakyat banyak.

Prinsip dalam demokrasi Pancasila sedikit berbeda dengan prinsip demokrasi secara universal. Ciri demokrasi Pancasila :
  • pemerintah dijalankan berdasarkan konstitusi
  • adanya pemilu secara berkesinambungan
  • adanya peran-peran kelompok kepentingan
  • adanya penghargaan atas HAM serta perlindungan hak minoritas.
  • Demokrasi Pancasila merupakan kompetisi berbagai ide dan cara untuk menyelesaikan masalah.
  • Ide-ide yang paling baik akan diterima, bukan berdasarkan suara terbanyak.

LANDASAN SISTEM EKONOMI INDONESIA

  • Secara normatif landasan idiil sistem ekonomi Indonesia adalah Pancasila dan UUD 1945. Dari butir-butir di atas, keadilan menjadi sangat utama di dalam sistem ekonomi Indonesia. Keadilan merupakan titik-tolak, proses dan tujuan sekaligus.
  • Pasal 33 UUD 1945 adalah pasal utama bertumpunya sistem ekonomi Indonesia yang berdasar Pancasila, dengan kelengkapannya, yaitu Pasal-pasal 18, 23, 27 (ayat 2) dan 34.
  • Berdasarkan TAP MPRS XXIII/1966, ditetapkanlah butir-butir Demokrasi Ekonomi (kemudian menjadi ketentuan dalam GBHN 1973, 1978, 1983, 1988), yang meliputi penegasan berlakunya Pasal-Pasal 33, 34, 27 (ayat 2), 23 dan butir-butir yang berasal dari Pasal-Pasal UUDS tentang hak milik yuang berfungsi sosial dan kebebasan memilih jenis pekerjaan.
  • Dalam GBHN 1993 butir-butir Demokrasi Ekonomi ditambah dengan unsur Pasal 18 UUD 1945. Dalam GBHN 1998 dan GBHN 1999, butir-butir Demokrasi Ekonomi tidak disebut lagi dan diperkirakan dikembalikan ke dalam Pasal-Pasal asli UUD 1945.

Landasan normatif-imperatif ini mengandung tuntunan etik dan moral luhur, yang menempatkan rakyat pada posisi mulianya, rakyat sebagai pemegang kedaulatan, rakyat sebagai ummat yang dimuliakan Tuhan, yang hidup dalam persaudaraan satu sama lain, saling tolong-menolong dan bergotong-royong.

sumber:http://nurullitakiki.blogspot.com/2012/05/sistem-ekonomi-indonesia.html



0 komentar:

:a: :b: :c: :d: :e: :f: :g: :h: :i: :j: :k: :l: :m: :n:

Posting Komentar