Kamis, 11 April 2013

TUGAS 2

Salah Satu Permasalahan di Indonesia serta Cara dalam Mengatasinya

  
Sebenarnya jika kita membicarakan permasalahan yang ada di Indonesia, terdapat banyak masalah yang kita hadapi di negara kita tercinta ini seperti permasalahan ekonomi, sosial, budaya, serta pendidikan dan kualitas tenaga kerja yang kurang.
   Dalam tulisan saya kali ini saya ingin sedikit mengulas tentang masalah kemiskinan, permasalahan yang mungkin belum bisa sepenuhnya sempurna diatasi oleh pemerintah. Meskipun tahun 2012 mendapati penurunan sekitar 11,6% secara kualitas kemiskinan justru mengalami involusi dan cenderung semakin kronis. (sumber: kompas.com)
   Permasalahan kemiskinan inilah, yang menurut saya pribadi menjadi salah satu faktor terjadinya permasalahan sosial lainnya, seperti kriminalitas dan hal-hal yang cenderung kearah penjarahan, perampokan. Ini disebabkan karna ketidakmampuan pelaku dalam memenuhi kebutuhannya sehingga melakukan hal-hal seperti yang saya tuliskan diatas. Kemiskinan ini bisa disebabkan karna kurang nya faktor keterampilan dan pendidikan yang dimiliki oleh mereka, karna faktor pendidikan yang tidak mendukung sehingga sulit bagi mereka untuk mendapatka pekerjaan yang layak dan hingga akhirnya mereka melakukan segala hal untuk memenuhi kebutuhan hidup mereka dan keluarganya.

    Bagaimana Upaya Pemerintah untuk Mengatasinya?
Upaya pemerintah sebenarnya sudah pernah dilakukan, contohnya belum lama ini dalam pimpinan pemerintahan masa presiden Bapak Susilo Bambang Yudhoyono sekitar tahun 2008, pernah memberikan bantuan langsung tunai (BLT) namun ini sedikit kurang efektif dikarenakan masyarakat miskin yang menerima seolah-olah hanya menerima uang tersebut tanpa digunakan untuk sesuatu yang bisa menjamin kehidupan mereka untuk waktu yang lama, harusnya masyarakat sendiri harus pintar dalam menggunakannya bukan untuk dibelanjakan secara cuma-cuma mungkin lebih efektif jika digunakan untuk suatu modal usaha. Namun sekali lagi, eksekusi di masyarakatlah yang tidak bisa cermat dalam menggunakannya.
   Mungkin, pemerintah harus  memulai recovery permasalahan ini dengan memberikan pendidikan yang lebih terjangkau bagi lapisan masyarakat bawah, agar mereka bisa merasakan pendidikan yang lebih layak serta mendapatkan keterampilan yang bisa digunakan didunia pekerjaan. Karna jika dilihat dari segi pendidikan inilah akar yang menjadi salah satu faktor kemiskinan dimana mereka tidak mempunyai kualitas pendidikan yang cukup baik dan tidak bisa bersaing didunia kerja serta menjadi pengangguran dan keluarlah permasalahan kemiskinan.
   Yang kedua, perluasan lapangan kerja yang bisa menampung tenaga kerja dari negara sendiri dan dari perluasan lapangan kerja ini maka jumlah penangguran akan berkurang dan secara tidak langsung akan ada perubahan dalam pendapatan dalam masyarakat dan kemiskinanpun akan berkurang dengan perlahan jika pemerintah memberikan dan memperluas lapangan kerja untuk masyarakatnya sendiri.

0 komentar:

:a: :b: :c: :d: :e: :f: :g: :h: :i: :j: :k: :l: :m: :n:

Posting Komentar