Jumat, 07 November 2014

TUGAS1_BAHASA INDONESIA2


Nama              :Riyan Hardiyanto
NPM               :26212502
Kelas               :2EB03
Mata Kuliah :Bahasa Indonesia Softskill

            Tujuan pembelajaran mata kuliah Bahasa Indonesia yang dipelajari oleh mahasiswa di bangku perkuliahan yaitu bertujuan untuk mengasah kemampuan berbahasa dengan baik terutama untuk menulis atau menghasilkan suatu karya ilmiah ataupun non ilmiah, memerlukan beberapa tahapan-tahapan serta prosedur yang harus di pelajari terlebih dahulu agar menciptakan suatu rangkaian bahasa yang baik dan benar serta setiap mahasiswa diwajibkan untuk mengenal dan memahami hal-hal apa saja yang diperlukan dalam proses penulisan.

            Di dalam proses penulisan terdiri dari memahami fungsi dan kedudukan bahasa Indonesia, ragam bahasa, ejaan, diksi, kalimat efektif, alinea dan pengembangannya, perencanaan karangan ilmiah, kerangkan karangan, kutipan serta daftar pustaka. Bagian-bagian tersebut ialah rangkaian penting yang saling berkaitan dalam berbahasa Indonesia serta dalam  proses penulisan.
            Dimulai dari tahapan yang paling awal, terlebih dahulu sebelum kita memperlajari bahasa Indonesia lebih dalam kita harus mengetahui dan memahami fungsi dan kedudukan bahasa. Dalam tahap ini mahasiswa diwajibkan untuk mengetahui tentang tujuan kedudukan bahasa guna mengetahui arah dan tujuan penggunaan bahasa untuk menghindari penyalahgunaan dari bahasa itu sendiri dan mengetahui seberapa besar peranan bahasa untuk berkomunikasi dalam kehidupan sehari-hari.
            Kemudian dilangkah selanjutnya adalah ragam bahasa, dalam sebuah penulisan diperlukan adanya ragam bahasa atau bisa disebut variasi bahasa / dialek untuk menarik perhatian dari pembacanya. Selanjutnya ialah dengan mempelajari ejaan terutama EYD ( Ejaan Yang Disempurnakan ) hal ini merupakan hal penting yang tidak kalah penting untuk diperhatikan karena dalam penulisan terutama untuk penulisan yang bersifat resmi dan formal kita harus memperhatikan EYD, EYD itu sendiri mencakup penulisan dan penepatan kata depan, pemakaian huruf, penulisan partikel serta tanda baca.
            Tahap berikutnya adalah dengan mempelajari diksi dan kalimat efektif, dalam tahap ini mahasiswa mempelajari bagaimana memilih kata yang tepat dan sesuai untuk digunakan karena diksi sendiri ialah memiliki pengertian pemilihan kata yang tepat dan sesuai. Dalam diksi penulis dituntut untuk memelih sebuah kata untuk dapat menimbulkan gagasan yang sama pada pemikiran dan imajinasi pembaca. Dalam hal ini diperhatikan juga dalam hal menggunkan lafal intonasi serta tekanan dalam pemilihan kata.
Kalimat efektif, kalimat efektif ini memilik cirri yaitu sebuah kalimat yang memiliki kata-kata yang tidak di ulang-ulang serta kalimatnya memiliki kata yang efektif yang bermaksud agar tidak ada kata atau kalimat yang sia-sia.
            Kemudian dilangkah berikutnya mahasiswa mempelajari tentang alinea dan pengembangannya. Dalam membuat alinea ini penulis harus mengembangkan topik-topik yang dibahasnya dalam tulisannya tersebut, yang dikembangkannya seperti pola dan bentuk alinea yang kemudian ditulis menjadi sebuah tulisan. Setelah mempelajari alines dan pengembanganya, mahasiswa mempelajari tentang  perencanaan karangan, dalam hal ini mahasiswa harus mempersiapkan untuk penulisannya dimulai dari bahan materi yang akan ditulis, judul, tema dan sebagainya. Lalu mahasiswa membuat sebuah kerangka karangan sebagai acuan struktur untuk penulisannya.
            Tahap selanjutnya yang merupakan tahap terakhir dari penulisan adalah bagaimana mahasiswa memahami kutipan dan mempelajari daftar pustaka. Dalam aturan sebuah penulisan, penulis diharuskan untuk menuliskan kembali sebuah kutipan yang dijadikannya sebagai sumber dari penulisannya kedalam sebuah paragraph atau alinea yang berkaitan dengan tema dari penulisan yang dibuatnya.
Daftar pustaka juga merupakan suatu unsur yang penting dalam sebuah penulisan, agar tulisan yang dibuat oleh sang penulis dipercaya dan dibuat dari sumber-sumber yang terpercaya penulis harus juga mengikut sertakan sumber-sumber  penulisannya itu di akhir halaman dengan memuat sumber-sumbernya yang dijadikan acuan dalam penulisannya.
            Dari tahapan penulisan diatas dapat disimpulkan bahwa semua materi yang telah dipelajari dalam mata kuliah Bahasa Indonesia merupakan sebuah rangkaian atau proses dalam pembuatan penulisan guna mencapai dan menciptakan sebuah tulisan yang baik bagi mahasiswa. Semua unsur-unsur diatas merupakan sebuah proses yang saling keterkaitan agar bisa diciptakannya sebuah tulisan yang baik dan benar.

0 komentar:

:a: :b: :c: :d: :e: :f: :g: :h: :i: :j: :k: :l: :m: :n:

Posting Komentar