Selasa, 09 Oktober 2012

Faktor yang Memperngaruhi Iklim Bisnis di Indonesia

1. faktor politik
Bagi para pengusaha, tujuan, kebijakan dan stabilitas politik menjadi faktor penting dalam berusaha atau berbisnis. Situasi politik yang tidak mendukung akan berdampak negatif bagi dunia usaha dan begitu pula sebaliknya.

contohnya,jika keadaan politik Indonesia dengan negara lain misalnya thailand maka tidak akan meneutup kemungkinan transaksi import antar dua negara ini terhambat karna konfilk yang di alami atau bisa menjurus kearah yang lebih extreme yaitu penghentian transaksi bisnis akan Indonesia.

2. faktor ekonomi
Kondisi perekonomian disuatu negara secara langsung dapat mempengaruhi kestabilan bisnis dari perusahaan. Semakin buruk kondisi ekonomi, maka akan semakin buruk pula kestabilan bisnisnya.
Contohnya,jika kondisi ekonomi suatu negara sedang mengalami krisis maka kemungkinan suatu negara tersebut akan mengalami keterpurukan dalam hal bisnis karna tidak mempunyai sumber dana untuk melanjutkan bisnis yang sudah ada atau mebuat bisnis baru

3. faktor sosial
Kondisi sosial masyarakat selalu bersifat dinamis dan berubah dari masa ke masa, oleh karena itu perusahaan selalu dituntut untuk mampu mengantisipasi perubahan kultur sosial masyarakat.
Beberapa penyebab terjadinya kondisi seperti ini misalnya karena gaya hidup, kultural, adat-istiadat, sikap, demografis, pendidikan, ekologis maupun etnis.
Perubahan kondisi sosial biasanya terkait dengan perubahan sikap dan gaya hidup akibat peningkatan pendapatan , perubahan strata sosial maupun peningkatan dari perkembangan teknologi.
contohmya,karna perkembangan zaman yang terus dinamis dan revolusioner maka keinginan konsumen akan barang-barang atau hal yang baru semakin bertambah dan berubah-ubah ini juga di sebabkan oleh faktor masuknya budaya luar yang masuk ke Indonesia,contoh realnya adalah perkembangan gadget canggih yang terus menerus berkembang dan peminat akan gadget yang selalu meningkat dari tahun ketahun.

4. faktor teknologi
Setiap perusahaan yang ingin tetap unggul dan berkembang bisnisnya, maka harus selalu mengikuti trend perkembangan teknologi terkini, sehingga produk dan jasa yang dihasilkan dapat selalu uptodate sesuai dengan keinginan konsumen
contohnya,faktor teknologi salah satu faktor yang sangat berpengaruh terhadap bisnis ini sendiri dimana teknologi lah penunjang ke berhasilan bisnis disuatu organisasi,tanpa teknologi yang mutakhir suatu organisasi bisnis tidak akan mampu membuat suatu alat yang bisa di perjual belikan dipasaran karena otomatis dengan kurang bagusnnya teknologi itu maka barang yang dihasilkan tidak akan maksimal hasilnya contoh real nya di Indonesia,pembuatan kendaraan mobil,motor maupun pesawat Indonesia masih mengimport dari negara lain karena indonesia belum mempunyai teknologi yang menunjang untuk hal pembuatan alat ataupun bahan bakunya

5.Sumber Daya Manusia
Sumber daya manusia adalah satu element penting dalam pelaksanaan kegiataan bisnis,karna tanpa sumber daya manusia maka bisnis tidak bisa berjalan.Tentunya disini dibutuhkan sumber daya yang berkualitas dan ahli dalam bidangnya agar mampu menjalankan suatu bisnis dengan baik dan sesuai dengan tujuannya.Namun untuk di Indonesia sendiri masih kurang dalam hal sumber daya manusia dimana masih sedikit sumber daya manusia yang berkualitas dan berkompeten yang kita perlukan untuk menegelola bisnis ataupun sumber daya alam yang kita punyai,maka banyak perusahaan indonesia yang memakai sumber daya manusia dari luar negeri yang lebih berkompeten dan berkualitas,contoh real nya PT.freeport yang mengelola tambang di indonesia semunya dari tenaga ahli luar negeri sedangkan orang pribumi sendiri hanya menjadi buruh.

sumber:http://sitabungadia.wordpress.com
contoh,dibuat sendiri oleh Riyan Hardiyanto

0 komentar:

:a: :b: :c: :d: :e: :f: :g: :h: :i: :j: :k: :l: :m: :n:

Posting Komentar